SISTEM INFORMASI PERENCANAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING STUDI KASUS DI PT. POLIPLAS MAKMUR SANTOSA UNGARAN

Sumeyka Sumeyka

Sari


Saat ini perkembangan teknologi informasi semakin pesat. Oleh karena itu penerapan sistem informasi pada instansi maupun perusahaan sangat dibutuhkan karena teknologi informasi membuat kinerja akan terlaksana dengan baik dan dapat menangani berbagai pengolahan data. Salah satu perusahaan yang membutuhkan teknologi informasi adalah PT. Poliplas Makmur Santosa Ungaran. Sistem inventory yang digunakan di PT. Poliplas Makmur Santosa Ungaran masih berupa catatan dalam bentuk spreadsheet yang dirangkap harian, sehingga rentan akan kesalahan dalam perencanaan kebutuhan bahan baku, serta belum terkontrolnya penggunaan bahan baku produksi seperti pewarna. Oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi perencanaan bahan baku yang memadai untuk mengolah data dan membuat laporan perencanaan bahan baku secara otomatis.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah dan waktu bahan baku yang harus tersedia untuk kelancaran proses produksi. Masalah yang dirumuskan yaitu kapan bahan baku harus tersedia pada PT. Poliplas Makmur Santosa dengan jumlah dan waktu yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Material Requirement Planning (MRP).

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diterapkannya sistem terkomputerisai pada PT. Poliplas Makmur Santosa Ungaran dapat menunjang kelancaran produksi terkait dengan ketersediaan material yang tepat, dengan jumlah dan waktu yang tepat sehingga penyimpanan data dapat lebih aman dan efisien, program yang digunakan untuk membuat aplikasi ini menggunakan bahasa pemprograman VB. NET dan SQL Server 2008 sebagai manajemen database.

 

Kata Kunci : Material Requirement Planning, Persediaan, VB.Net, dan MySQL

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: